Langsung ke konten utama

The Courtesan Ichikawa of the Matsuba Establishment

Kitagawa Utamaro Late 1790s Cincinnati Art Museum.


Seorang tokoh sentral dalam dunia sastra dan seni Edo (sekarang Tokyo), Kitagawa Utamaro adalah salah satu praktisi ukiyo-e (gambar dunia terapung) yang paling terkenal. Di distrik Yoshiwara, distrik kesenangan berizin pemerintah di pinggiran Edo, seni dan kehidupan terjalin erat. Cetakan ukiyo-e memainkan peran penting dalam mempromosikan kesenangan distrik dan kultus pelacur. Tidak puas dengan gaya penggambaran kecantikan wanita yang ada, Utamaro mengadopsi penggambaran kepala besar dari sekolah Katsukawa. Mahakaryanya, yang mulai ia produksi pada tahun 1790-an, adalah potret wanita cantik (bijinga) dengan ukuran setengah dan panjang dada.

Meskipun pelacur kelas atas adalah subjek favoritnya, ia juga menggambarkan pelacur jalanan biasa, pelayan kedai teh, geisha, dan ibu rumah tangga. Utamaro dikenal karena kreativitasnya dalam menyusun figur-figurnya dalam batas-batas kertas. Subjeknya di sini adalah Ichikawa yang dikenal sebagai kecantikan dan orian, pelacur tingkat tinggi. Kulitnya yang putih, wajahnya yang sederhana, dan gaya rambut yang rumit dengan sisir dan jepit dipicu oleh bubuk mika yang ditaburkan ke latar belakang lembaran berukuran itu — berkilau di sekelilingnya. Saat Ichikawa mengangkat lengannya untuk memamerkan pola roda gerobak yang berani dari kimononya, bukaan melengkung di bawah jubahnya menampilkan lehernya yang memanjang termasuk tepi tengkuk yang menggiurkan, yang dianggap sebagai area yang sangat indah. Dua pengasuh anak Ichikawa, Mitsumo dan Tamamo, tidak digambarkan tetapi nama mereka tertulis di kanan atas bersama dengan pelacur dan rumahnya. The Matsuba-ya (Pine Needle House) adalah salah satu rumah bordil paling terkenal di rumah bordil Yoshiwara.


Source :

37.9 x 25.4 cm

Color woodcut - ukiyo-e

Image copyright by null

https://support.getdailyart.com/

https://www.cincinnatiartmuseum.org/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERNYATA BUKAN SEBAGAI RUMAH

Diam membisu, acuh tak karuan Menyapa rasanya enggan Pertemuan akhir seperti sebuah paksaan Sebagai bentuk salam perpisahan. Kau memberi banyak celah harap Ternyata setelahnya kau membuat patah Luluh lantak hati ini seperti tersayat Tetapi, manusianya entah pergi kemana. Mungkin sudah bahagia ya? Tidak apa lah kau membuatku asing Jika memang kau sudah bosan Lebih baik kau berbicara terlebih dahulu tuan Hati puan ini bukanlah seperti bianglala Bukan juga tempat singgah sementara. Seharusnya saling menjaga Agar tidak ada yang pelik dalam luka. Kupikir kau menjadikan dirimu sebagai rumah Ternyata hanya sebagai halte di persimpangan jalan sana Apa kau pernah merasa kesepian? Ucapku sederhana hanya meminta agar kau bahagia.

Rumpang karya Nadin Amizah liriknya begitu mendalam

Jadi di sini gua mau bikin thread tentang lagu rumpang yang related sama kehidupan seseorang, karya nadin amizah . Selamat ulang tahun nadin, selamat rilis album baru. Lirik 1 Pagi itu gua udah lupa tanggal berapa yang gua inget tahun 2006 hari minggu. Lirik pertama ini related menggambarkan adik gua yang masih bayi terus menangis meminta asi ke ibu gua yang masih tertidur, adik gua mungkin masih merasakan rasa hangat pelukan seorang ibu yang tak kunjung padam , seseorang di atasnya adalah gua yang berusaha membangunkan ibu gua, menahan sebuah rasa panik, rasa polos yg tidak tahu apa-apa karena waktu itu umur gua masih 6 tahun. Lirik 2 Sempat gua berpikir masih bermimpi atas kejadian ini yang secara tiba-tiba sehabis bangun tidur Jam tujuh dua empat pagi tanpa henti merenungi segala kejadian yang baru terjadi Bulan menjadi saksi saat malam terakhir bersama ibu yang masih sehat-sehat aja sedangkan matahari menjadi saksi atas kehilangan ibu Ada rasa yang benar-benar tak mau hilang dari ...
Lelah Aku teramat lelah  Menyusuri garis kehidupan Berbalut sandal tak berdebu Menyendiri dalam sunyi Tak ada yang peduli  Menangis dalam kegelapan Berteriak tanpa suara  Minum tanpa air  Ada namun tiada Raga ini mulai letih Bersandar pada tiang yang rapuh  Aku lelah menyimpan ini sendiri Tak ada yang menemani  Dan bersiap pergi  Atma ku mati  Aku bukanlah cintamani  Yang di damba setiap orang  -Jakarta,  21 Mei 2020